"Roro Rizky Ananda Febriani"

Kamis, 15 Maret 2012

Resume Kelompok 2


“PERILAKU KONSUMEN”

Setelah saya mendengar presentasi dari kelompok 2 mengenai “PERILAKU KONSUMEN” ,saya akan membuat resume dari hasil presentasi tersebut. Namun sebelumnya, saya akan menjelaskan materi yang telah dibahas oleh kelompok 2.

A.   Pengertian Perilaku Konsumen  :
Perilaku konsumen adalah perilaku yang berupa aktivitas maupun proses yang ditunjukan oleh konsumen dalam hal mencari, memilih, membeli, menggunakan, menukar, menilai,  mengatur atau mengevaluasi barang atau jasa yang mereka anggap dapat memuaskan serta memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.
Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.

Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen ada dua, yaitu Faktor Eksternal dan Faktor Internal :
1.  Faktor Eksternal
 Merupakan faktor yang berpengaruh pada keluarga, lingkungan sekitar, kelas         sosial, kebudayaan, strategi marketing, dan kelompok referensi.
2.  Faktor Internal
Merupakan faktor yang terdapat dari dalam diri kita sendiri, contohnya motivasi, gaya hidup, kepribadian, presepsi, sikap, dan pembelajaran.


B.  Pendekatan perilaku konsumen :
Ada dua cara pendekatan konsumen, yaitu sebagai berikut:

a)    Pendekatan Kardinal atau “Cardinal Approach” :
Menurut pendekatan cardinal, kepuasan seorang konsumen diukur dengan satuan kepuasan (misalnya : uang). Semakin besar barang yg dikonsumsi tingkat kepuasan konsumen akan barang tersebut akan semakin tinggi. Setiap tambahan satu unit barang yang dikonsumsi akan menambah kepuasan yang di peroleh oleh konsumen tersebut. Kepuasan konsumen dihitung dalam satuan kepuasan yaitu uang. Besarnya nilai kepuasan akan sangat bergantung pada individu (konsumen) yang bersangkutan. Konsumen dapat mencapai kepuasan yang maksimum apabila dalam membelanjakan pendapatannya, mereka mencapai kepuasan yang sama pada berbagai barang.

b)   Pendekatan Ordinal atau “Ordinal Approach” :
Dalam pendekatan ordinal daya guna suatu barang tidak perlu diukur (tidak perlu diukur dengan menggunakan uang), cukup untuk diketahui dan konsumen mampu membuat urutan tinggi rendahnya daya guna yang diperoleh dari mengkonsumsi sekelompok barang. Pendekatan yang dipakai dalam teori ordinal adalah indeffrence curve, yaitu kurva yang menunjukkan kombinasi dua macam barang konsumsi yang memberikan tingkat kepuasan sama.

Ada 7 faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen, diantaranya :

a. Kebudayaan

b. Kelas sosial

c. Kelompok referensi kecil

d. Keluarga

e. Pengalaman

f. Kepribadian

g. Sikap dan kepercayaan

h. Konsep diri


C.    Konsep Elastisitas
Elastisitas adalah perbandingan perubahan proposional dari sebuah variabel dengan perubahan variabel lainnya atau bisa di sebut juga elasitisitas ini adalah cara atau alat untuk mengukur seberapa besar kepekaan atau reaksi konsumen terhadap perubahan harga.
Berikut ini ada 4 konsep elastisitas yang biasanya dipakai dalam teori ekonomi mikro, yaitu:
·         Elastisitas harga permintaan (Ed)
·          Elastisitas harga penawaran (Ws)
·          Elastisitas silang (Ec)
·          Elastisitas pendapatan (Ey)

kriteria ukuran permintaan
·         Ed > 1 : Elastis
·         Ed < 1 : In Elastis
·         Ed = 1 : Unitary atau seimbang
·         Ed = 0 : In Elastis Sempurna
·         Ed = ~ : Elastis Sempurna

Pertanyaan-pertanyaan :

1. Jeanny Fatma
Bagaimana cara untuk mengatasi perilaku konsumen yang lebih memilih untuk membeli barang-barang import dari pada barang lokal?
Jawab:
Dari pihak pemerintah itu sendiri sebaiknya lebih menanamkan  dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk lebih mencintai dan lebih banyak menggunakan produk dalam negeri dibandingkan dengan produk-produk luar negeri. Sebenarnya yang berbeda hanyalah kecanggihan teknologinya nya saja. Seperti contohnya negara cina memiliki kecanggihan teknologi yang modern. Dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki oleh bangsa cina menyebabkan kualitas barang yang di produksi juga lebih baik dan harganya pun lebih murah. Tetapi sesungguhnya produk dalam negeri tidak kalah bagus kualitasnya dengan produk luar negeri tersebut. Seperti yang tadi saya jelaskan, yang membedakan hanyalah kecanggihan teknologi yang digunakan. Oleh karena itu, cintailah produk Indonesia.

2. Komang Anom Budi Utama
Faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi konsumen dalam pembelian barang?
Jawab :
Faktor internal (faktor yang muncul dari dalam diri kita sendiri), sesuai dengan keinginan dalam diri setiap konsumen sendiri, walaupun barang yang ingin kita beli mahal harganya.

3. Rahmi imanda
telah dijelaskan bahwa dua cara pendekatan konsumen, yaitu pendekatan cardinal dan ordinal. Pendekatan ordinal menyebutkan bahwa “daya guna suatu barang tidak perlu diukur”, maksudnya seperti apa dan berikan contohnya?!!
Jawab :
Maksudnya adalah tidak diukur dengan menggunakan satuan uang, pendekatan ordinal mengacu kepada kepuasan diri sendiri terhadap barang yang telah dibeli. contohnya kurva yang menunjukkan kombinasi dua macam barang konsumsi yang memberikan tingkat kepuasan sama.

3. Eka Fitri Rahayu
Bagaimana cara menyikapi konsumen yg pendapatannya sedikit tapi keinginan untuk memenuhi kebutuhannya banyak. Faktor apa yg mempengaruhi perilaku konsumen yang seperti itu???
Jawab :
Faktor itu sebenarnya terjadi akibat dari faktor internal (faktor yang muncul dari dalam dirinya sendiri). Biasanya manusia selalu merasa tidak puas dengan apa yang telah ia miliki sekarang. Minyalnya ia baru saja membeli handphone, kemudian ketika muncul handphone keluaran terbaru, ia juga ingin memilikinya.  Usahakan bagi para konsumen untuk menjadi konsumen yang cerdas dan rasional. Jadi kita harus tetap menyesuaikan keinginan kita dengan  pendapatan yang kita miliki.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar