"Roro Rizky Ananda Febriani"

Kamis, 15 Maret 2012

Resume Kelompok 1

“PENENTUAN HARGA PERMINTAAN DAN PENAWARAN”


Setelah saya mendengar presentasi dari kelompok 1 mengenai “Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran” saya akan membuat resume dari hasil presentasi tersebut. Namun sebelumnya, saya akan menjelaskan materi yang telah dibahas oleh kelompok 1.

A.1  PENGERTIAN PERMINTAAN  :
Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta oleh konsumen pada suatu harga dan waktu tertentu. Permintaan biasanya terkait pada keinginan konsumen pada suatu barang tertentu.

A.2  HUKUM PERMINTAAN         :
“Semakin rendah tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang diminta oleh konsumen dan sebaliknya, semakin tinggi tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang diminta oleh konsumen”

Jadi maksudnya, apabila harga barang mengalami  kenaikan dipasaran, maka jumlah barang yang diminta oleh konsumen akan mengalami penurunan, karena harganya terlampau tinggi, sehingga konsumen mencari barang pengganti yang harganya lebih murah. Sedangkan apabila harga barang mengalami penurunan di pasaran, maka jumlah barang yang diminta oleh konsumen akan semakin banyak sehingga para produsen akan mengalami peningkatan dalam penjualan barang tersebut.”


Ada 8 faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan :

1.      Harga barang itu sendiri

2.      Harga barang substitusi (pengganti)

3.      Harga barang komplementer (pelengkap)

4.      Jumlah pendapatan

5.      Selere konsumen

6.      Intensitas kebutuhan konsumen

7.      Perkiraan harga dimasa depan

8.      Jumlah penduduk


B.1   PENGERTIAN PENAWARAN  :
Penawaran adalah banyaknya jumlah barang atau jasa ditawarkan dari produsen kepada konsumen, pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu.

B.2  HUKUM PENAWARAN          :
“Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan. Sebaliknya semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit barang yng di tawarkan”.

Jadi maksudnya, Bila tingkat harga di pasaran mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen akan naik (semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan).  Sedangkan apabila tingkat harga dipasaran mengalami penurunan, maka jumlah barang yang ditawarkan  oleh produsen akan mengalami turun juga (jumlah barang yang di tawarkan menjadi lebih sedikit).”

Faktor- faktor yang mempengaruhi tingkat penawaran (Supply) :

Penawaran dan produksi mempengaruhi hubungan yang sangat erat. Hal-hal yang mendorong yg menghambat kecepatan produksi berpengaruh terhadap jumlah penawaran . Berikut ini terdapat 6 faktor yang mempengaruhi tingkat penawaran, meliputi :

1.      Harga barang itu sendiri

2.      Harga barang pengganti

3.      Biaya produksi

4.      Kemajuan teknologi

5.      Pajak

6.      Perkiraan harga di masa depan


Keseimbangan permintaan dan penawaran, terbentuk karena adanya kurva permintaan dan penawaran (Hukum D & S).
Apabila kurva permintaan turun dan kurva penawaran naik, sehingga akan menemukan titik potong. Titik tersebutlah yang dinamakan titik keseimbangan antara permintaan dan penawaran.

Contoh kasus :
Meningkatnya permintaan handphone Android dikalangan konsumen. Saat ini banyak sekali konsumen yang mencari handphone berbasis android. Salah satu vendor ternama yaitu SAMSUNG. SAMSUNG menjadi juara dalam hal produksi, dikarenakan kualitas spesifikasi handphone SAMSUNG hampir sama dengan SONY ERRICSON, namun harga pasaran SAMSUNG lebih terjangkau dari pada SONY ERRICSON.


PERTANYAAN-PERTANYAAN :

1.  Roro Rizky Ananda Febriani
Hal apa yang harus dilakukan oleh produsen apabila jumlah permintaan dan penawaran dipasar tidak mengalami keseimbangan?
Jawab :
Seharusnya produsen mengikuti selera pasar (dalam membuat produk harus sesuai dengan permintaan pasar). Jika selera permintaan banyak, maka produsen harus berinovasi dalam membuat produk yang beraneka ragam sesuai dengan selera pasar. Biasanya keseimbangan harga dipasar terbentuk secara alami antara produsen dengan konsumen, berdasarkan tarik menarik harga antara mereka. Pengaruhnya cukup luas, yaitu dengan target market, “pasarannya untuk siapa???” apakah untuk konsumen menengah ke atas atau menengah kebawah??. Biasanya produsen mengeluarkan produk yang bedanya tipis untuk memenuhi keinginan konsumen di pasaran.

2.  Syifa rizky amanda
Apakah yang akan terjadi pada permintaan atau penawaran suatu barang apabila harga barang itu turun atau naik satu persen?
Jawab :
Jika harga suatu barang  mengalami kenaikan, maka penawaran terhadap barang tersebut akan turun. Sedangkan jika harga suatu barang mengalami penurunan di pasar, permintaan terhadap barang tersebut akan naik.


3.  Devi tantowi
Apakah yg harus disiasati agar penjualan Sony Erriccson Arc dapat menyaingi penjualan terhadap Sony Erricson Arc S??? harga yang ditawarkan berbeda tipis, padahal yang membedakan hanya pada proccessornya saja.
Jawab :
Selera konsumen tentu saja akan memilih produk yang lebih canggih walaupun harganya sedikit lebih mahal, oleh karena itu Sony Erricson Arc S hanya beda tipis di harganya saja dengan Sony Erriccson Arc .Untuk menghindari terjadinya kerugian penjualan Sony Erriccson Arc yang lebih dahulu launching, maka pihak produsen mau tak mau harus menurangi produksi dan menurunkan harga Sony Erriccson Arc agar barang yang telah di produksi dapat habis terjual. Dengan menurunkan harga Sony Erriccson Arc, lantas tidak akan menjadikan produsen Sony Erriccson Arc menjadi rugi, karena dengan menurunkan harga Sony Erriccson Arc, hanya akan mengurangi jumlah laba yang diterima dari penjualan Sony Erriccson Arc tersebut.


4.  Irma leofanny 
     Bagaimana cara mensiasati agar tidak terjadi kerugian, apabila barang yang dijual dalam bentuk makanan yang mudah basi pada keesokan harinya????
Jawab :
Jika kita mau melakukan produksi, kita harus menentukan berapa banyak jumlah barang yang akan kita jual (terutama makanan). Jangan sampai barang yang kita produksi banyak, namun konsumen yang membeli barang kita sedikit, sehingga masih banyak tersisa. Karena makanan adalah barang yang dapat cepat membusuk. Kita juga harus melihat waktu dan tempat ketika menjual makanan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar