"Roro Rizky Ananda Febriani"

Jumat, 23 Maret 2012

"PENCEMARAN LINGKUNGAN”

Pencemaran adalah masuk atau dimasukkannya mahluk hidup, zat, energi dan/ atau komponen lain ke dalam air, udara dan tanah yang tidak sesuai dengan jumlah normal sebagaimana dengan mestinya. Pencemaran juga bisa berarti berubahnya tatanan (komposisi) air , udara atau tanah oleh kegiatan manusia dan proses alam, sehingga kualitas air/udara/tanah menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.
Pencemaran biasanya terjadi oleh berbagai aktivitas manusia maupun aktivitas industry. Seperti contohnya pembuangan limbah rumah tangga misalnya sabun bekas mencuci baju, shampoo ketika habis mandi, dan sebagainya yang akhirnya dapat membuat komposisi air yang normal menjadi berubah dan akhirnya timbullah pencemaran air. Pembuangan sampah rumah tangga seperti pelastik, kaleng, kertas, sampah dapur dan lainnya pun dapat menyebabkan timbulnya  pencemaran tanah. Selain limbah rumah tangga, limbah dari kegiatan industry pun dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya pencemaran. Asap dari limbah hasil industry yang terbuang ke udara menyebabkan polusi, yang akhirnya dapat mengikis lapisan atmosfer bumi sehingga mengakibatkan suhu di bumu kian hari kian meningkat, selain itu limbah industry seperti logam berat, dan bahan kimia lain yang di buang ke sungai juga menjadi salah satu penyebab terjadinya pencemaran sungai.  

Gambar-gambar pencemaran lingkungan yang terjadi di dekat rumah ku.

 “PENCEMARAN TANAH”
 

Dari gambar diatas, dapat kita lihat bahwa penyebab pencemaran tanah di atas karena  faktor eksternal yaitu, karena ulah dan aktivitas manusia yang sering membuang sampah, Baik sampah organik maupun sampah non organik tidak pada tempatnya. Limbah yang dihasilkan oleh berbagai aktivitas manusia ini disebut anthropogenic pollutans. Dampak yang terjadi akibat pencemaran tanah ini seperti timbulnya bau busuk, merusak pandangan, menjadikan lingkungan kotor dan kumuh. Juga dengan banyaknya sampah menyebabkan berkembangnya nyamuk, lalat, tikus, dan bakteri-bakteri yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti malaria, demam berdarah, malaria dan lain-lain.
LOKASI : JLN. KPT YUSUF, DESA SIRNAGALIH, KEC. TAMANSARI, CIAPUS BOGOR.



“PENCEMARAN AIR
 

Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran air, seperti yang dapat kita lihat pada gambar di atas ini, merupakan salah satu bentuk pencemaran air yang disebabkan oleh sampah-sampah anorganik dan bahan buangan kimia, seperti : plastik, kertas, kaleng, limbah rumah tangga (detergen, shampo, sabun) dan sebagainya. Sehingga dapat dilihat dari gambar diatas bahwa, air yang sudah tercemar memiliki ciri-ciri sebagai berikut : perubahan warna air yang seharusnya berwarna bening menjadi berwarna coklat,  air menjadi keruh, sehingga hanya sedikit ikan dan tumbuhan air yang hidup di dalamnya dan lain-lain. Dampak yang dapat ditimbulkan dari kondisi air yang tercemar adalah: berkembangnya mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit menular melalui air,diantaranya virus diare, hepatitis A, bakteri, metazoa dan protozoa.

LOKASI : JLN. KPT YUSUF, DESA SIRNAGALIH, KEC. TAMANSARI, CIAPUS BOGOR.
Trims ^^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar