"Roro Rizky Ananda Febriani"

Selasa, 13 Maret 2012

“KENAIKAN HARGA BBM”



Kini hampir seluruh berita di televisi maupun surat kabar, membicarakan mengenai jelang kenaikan harga BBM. Bahan Bakar Minyak atau yang biasa disebut dengan “BBM”, saat ini tengah menjadi perbincangan hangat bagi seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya, dan Pemerintah pada khususnya. Kenaikan harga BBM disebabkan oleh naiknya harga Minyak Dunia. Padahal beberapa tahun yang lalu Negara Indonesia menjadi salah satu Negara pengekspor minyak. Namun kini, Negara  Indonesia malah menjadi Negara pengimpor minyak yang cukup besar, sehingga kenaikan yang terjadi pada minyak Dunia menjadi kenaikan harga minyak di Negara Indonesia juga.
Banyak pihak yang menolak atas renacana kenaikan BBM pada april mendatang. Hingga akhirnya, pada selasa siang ini terjadi bentrokan antara mahasiswa dan aparat kepolisian yang terjadi di jalur Pantura, Cirebon, Jawa Barat. Mahasiswa yang merangsak untuk menutup jalur Pantura tersebut, menjadi bulan-bulanan petugas.  Bentrokan terjadi akibat ratusan mahasiswa dari beberapa organisasi kemahasiswaan, berunjuk rasa menolak kenaikan harga BBM dengan cara memblokir jalur Pantura. Akibat aksi pemblokiran tersebut kemacetan panjang terjadi dari arah Jakarta menuju Jawa dan sebaliknya.
Hal tersebut diatas menjadi cerminan bahwa banyak sekali pihak yang menentang dan tidak setuju dengan kenaikan harga BBM tersebut. Hal ini disebabkan,  dengan naiknya harga BBM, otomatis akan menjadi kenaikan bagi harga bahan pokok lainnya. Biaya transportasi kendaraan yang mengantarkan bahan pokok tersebut pun pasti akan naik, sehingga dampaknya harga bahan-bahan pokok di pasar juga ikut merangkak naik.
Saya sendiri sangat tidak setuju dengan kenaikan harga BBM tersebut. Dengan naiknya harga BBM, justru malah akan menambah angka kemiskinan di Indonesia. Hal ini dikarenakan, rakyat yang sudah miskin akan semakin sulit untuk membeli bahan pokok seperti beras, karena harga bahan pokok tersebut naik.
Menurut saya sebaiknya pemerintah menyediakan alternative bahan bakar lainynya seperti Bio Gas dari bahan singkong atau kotoran manusia maupun dari bahan lainnya,  yang dapat dimanfaatkan sebagai pengganti minyak. Indonesia adalah Negara yang kaya akan hasil bumi. Alangkah baiknya pemerintah melihat dan mengembangkan peluang yang ada sehingga pada akhirnya kenaikan harga BBM dapat diatasi.
Trims ^^

Sumber : Reportase Sore Trans TV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar