"Roro Rizky Ananda Febriani"

Kamis, 03 Mei 2012

"VISUAL BASIC"


CONTOH PROGRAM VISUAL BASIC



                
     TAMPILAN AWAL
 

SETELAH DI “RUN”

APABILA MENEKAN TOMBOL “CLEAR”
 

 



 

                                                                                 
  LOGIKA DARI PROGRAM VISUAL BASIC

Langkah awal yang harus kita lakukan ketika membuat suatu program di VB yaitu dengan merancang tampilannya terlebih dahulu, kemudian baru kita membuat skripnya. Pertama-tama kita memakai Label yang terdapat pada Toolbox, dan di caption kita tuliskan pada masing-masing label “RENTAL MOBIL, NAMA, ALAMAT, UMUR, TOTAL BIAYA, BAYAR, KEMBALI, DAN /HARI”. Label sendiri di gunakan untuk menambahkan text pada saat perancangan form. Kemudian kita gunakan Combo Box, lalu ganti tulisan di caption dengan tulisan “JENIS MOBIL”. Combo Box digunakan untuk menampilkan item-item yang ada. Selanjutnya kita gunakan Text Box. Pada setiap textnya kita kosongkan. Text Box digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan input data dari user dengan mengetikan text atau angka pada Text Box. Langkah akhir dalam perancangan tampilan  form ini yaitu dengan menggunakan Command Button yang pada masing masing captionnya kita ganti dengan tulisan “PROSES,CLEAR DAN END”.
Langkah kedua kita klik 2 kali di tempat yang kosong pada form dan akan muncul skripnya. Kemudian kita tuliskan :
Private Sub Form_Load()
Combo1.AddItem "Minivan"
Combo1.AddItem "Sedan"
Combo1.AddItem "Bus"
Combo1.AddItem "Truk"
Combo1.AddItem "Pick Up"
End Sub
Dengan menuliskan program di atas maka pada saat di run, pada Combo Box yang bertuliskan “JENIS MOBIL” akan muncul pilihan-pilihan mobil, seperti Minivan, Sedan, Bus, Truk dan Pick Up.
Langkah ketiga kita klik 2 kali di proses ,maka akan muncul skripnya. Kemudian pada skrip tersebut kita tuliskan :
Private Sub Command1_Click()
Select Case Combo1
Case "Minivan"
Text5.Text = Val(Text4.Text) * Val(350000)
Case "Sedan"
Text5.Text = Val(Text4.Text) * Val(250000)
Case "Bus"
Text5.Text = Val(Text4.Text) * Val(500000)
Case "Truk"
Text5.Text = Val(Text4.Text) * Val(650000)
Case "Pick Up"
Text5.Text = Val(Text4.Text) * Val(450000)
End Select
End Sub
Dengan menuliskan program di atas maka pada saat di run, apabila kita memasukan angka ke dalam text box “LAMA RENTAL” misalnya 5 dan kita pilih “JENIS MOBIL” yang kita inginkan misalnya Sedan, maka pada saat kita mengklik Command Button yang bertuliskan PROSES, maka akan muncul dengan sendirinya jumlah uang yang harus di bayarkan, pada text boxt  di samping “BIAYA TOTAL” . seperti contoh gambar di atas, biaya total yang harus kita bayarkan adalah 1250000.
Langkah ketiga kita klik 2 kali di clear , maka akan muncul skripnya. Kemudian pada skrip tersebut kita tuliskan :
Private Sub Command2_Click()
Text1.Text = " "
Text2.Text = " "
Text3.Text = " "
Text4.Text = " "
Text5.Text = " "
Text6.Text = " "
Text7.Text = " "
End Sub
Dengan menuliskan program di atas, pada saat di run kita input di NAMA, ALAMAT DAN UMUR serta LAMA RENTAL, lalu kita proses maka maka kolom nama sampai total biaya akan terisi. Untuk menghapus semua tulisan di text box nama sampai total biaya, kita tinggal mengklik tombol command button bertuliskan “CLEAR”, maka semua tulisan input di atas akan terhapus dengan sendirinya.
Langkah terakhir (ke 4) kita klik 2 kali di textbox “kembali”, maka akan muncul skripnya. Kemudian pada skrip tersebut kita tuliskan :
Private Sub Text7_Click()
Text7.Text = Val(Text6.Text) - Val(Text5.Text)
End Sub
Dengan menuliskan program di atas, pada saat di run kita input di samping text box bertuliskan BAYAR jumlah uang yang akan kita bayarkan misalnya seperti contoh gambar di atas kita input 2.000.000, maka pada saat kita mengklik “KEMBALI” akan muncul dengan sendirinya jumlah uang yang akan di kembalikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar