"Roro Rizky Ananda Febriani"

Selasa, 01 Mei 2012

"LANGKAH MENJALANKAN VMware"


“Langkah-langkah dalam menjalankan VMware dalam bahasa pemrograman LINUX with C”



1. Langkah pertama    : setelah anda menginstall VMware dengan Kuliax maka langkah untuk menjalankan program tersebut adalah click 2 kali shortcut VMware di desktop anda.
2.   Langkah kedua        : pilih Ubuntu -> console.
3. Langkah ketiga        : setelah muncul tampilan layar berwarna hitam dengan nama shell-konsole maka kita isikan pada kuliax@kuliax.kuliax : vi NamaFile.c
Misalnya : vi kinan.c (kemudian tekan enter)
4.   Langkah keempat  : kemudian setelah anda mengetikan perintah di atas akan muncul shell-konsole kosong. Untuk dapat menuliskan program di dalamnya kita tekan tombol “insert” pada keyboard.
5.   Langkah ke lima      : kita dapat mengetikan program LINUX with C sesuai dengan codingan yang ada. Ingat LINUX with C bersifat case sensitive.
6.   Langkah ke enam    : setelah semua program selesai di tulis, tekan tombol esc (escape) pada keyboard untuk mengembalikan kursor ke baris paling bawah agar bisa di save. Lalu ketikan :wq untuk menyimpan dan keluar. Namun bisa juga kita hanya mengetikan :w untuk menyimpan dan :q untuk keluar.
7.   Langkah ke tujuh      : setelah keluar dari program yang sudah kita ketikan tadi akan muncul tampilan layar kosong dengan tulisan:
kuliax@kuliax.kuliax : vi kinan.c (seperti pada langkah 3)
kuliax@kuliax.kuliax : (masih kosong)
kemudian kita ketikan
kuliax@kuliax.kuliax : gcc NamaFileLama.c –o NamaFileBaru (enter).
Sebagai contoh -> kuliax@kuliax.kuliax : gcc kinan.c –o kiki

gcc NamaFileLama.c –o NamaFileBaru di sini digunakan untuk mencompile program yang sudah kita ketikan lagi. Apabila masih ada program yang salah maka output tidak akan keluar.
8.  Langkah ke delapan  :kemudian setelah di enter untuk mengcompile (langkah 7), kita ketikan lagi.
kuliax@kuliax.kuliax : ./NamaBaru
sebagai contoh -> kuliax@kuliax.kuliax : ./kiki

./NamaBaru digunakan untuk menjalankan (run) program. Maka apabila seluruh program yang kita jalankan sudah tidak terdapat kesalahan lagi maka output dari program pun akan muncul.

TRIMS^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar