"Roro Rizky Ananda Febriani"

Selasa, 01 Mei 2012

"Array Multidimensi dengan LINUX with C"


Contoh program “ARRAY MULTIDIMENSI” dalam bahasa pemrograman LINUX with C










*HASIL OUTPUTNYA

 




LOGIKA DARI PROGRAM DI ATAS


Header file yang digunakan  dalam program ini adalah  #include <stdio.h>  ,berfungsi untuk menyatakan pada kompiler agar membaca file bernama stdio.h  pada saat pelaksanaan kompilasi. Int main ( ) merupakan fungsi utama dalam program di atas sehingga fungsi main ( ) ditempatkan pada posisi paling atas dalam definisi fungsi. Tanda { di awal fungsi menyatakan menyatakan awal dari fungsi dan sekaligus awal eksekusi program.
char data [2][3][6] = {“1”,”Soto”,“5000”,“2”,“Bakso”,“3500”}; statement tersebut di nyatakan sebagai array multidimensi karena mempunyai ukuran indeks yang lebih dari dua. Char data menyatakan bahwa data diatas dideklarasikan dalam tipe data karakter dengan indeks yang dimiliki adalah [2][3][6]. Indeks [2][3][6] menyatakan baris dan kolom yang nanti akan ditampilkan di dalam output. Sedangkan {“1”, ”Soto”, “5000”, “2”, “Bakso”, “3500”};  menyatakan isi yang akan di masukkan ke dalam indeks nantinya yang berupa baris dan kolom. Int I,j; menyatakan bahwa variable i sebagai “baris” dan j sebagai “kolom” akan di deklarasikan dengan tipe data integer.

for (i=0; i<2; i++)
{
for (j=0; j<3; j++)
{
printf (“\t %s”, data [i][j]);
}
printf (“\n”);
}
return 0;
}

Statement For digunakan untuk mengulang suatu proses yang sudah di ketahui jumlahnya. Perintah i++ dan j++ digunakan untuk penambahan pada setiap looping di dalam program. Statement printf (“\t %s”, data [i][j]); Printf merupakan fungsi yang umum di pakai untuk menampilkan suatu keluaran pada layar output. Karakter \t berfungsi untuk menyatakan karakter tab. Tanda %s pada program diatas digunakan untuk menampilkan sebuah string. Perintah \n berfungsi untuk meletakan ke baris baru. Dalam C suatu konstanta string dituliskan dengan diawali dan diakhiri dengan tanda petik dua (“). Statement return 0 menyatakan untuk kembali lagi ke kondisi dimana nilainya masih 0 (nol). Tanda }  di akhir fungsi menyatakan akhir dari fungsi dan sekaligus akhir dari eksekusi program. Setiap pernyataan harus di akhiri dengan tanda titik koma (;).




1 komentar:

  1. Ko ada tulisan error : invalid initialized ya min? Itu knp ya? Apa beda versi kernel linux nya?

    BalasHapus