"Roro Rizky Ananda Febriani"

Selasa, 08 April 2014

"IBM WORKLIGHT"


IBM Worklight adalah sebuah framework dapat digunakan untuk membangun aplikasi berbagai jenis platform seperti seperti iPhone apps, Android apps, Windows Phone apps, Blackberry apps dan sebagainya hanya dengan menggunakan HTML5, CSS3, dan JavaScript. Jika dibandingkan dengan HTML versi sebelumnya, HTML5 memiliki kelebihan untuk memudahkan pemrogram dalam meng-embedd video tanpa perlu program tambahan seperti Flash.
IBM Worklight menyediakan platform aplikasi mobile secara terbuka, komprehensif, dan canggih untuk smartphone dan tablet yang dapat membantu menghubungkan, menjalankan, mengelola dan mengembangkan aplikasi mobile secara efisien. IBM worklight menggunakan teknologi berbasis standar yang menghindari penggunaan kode terjemahan, penerjemah proprietary dan bahasa scripting. Program yang telah dibuat oleh pemrogram dapat diubah menjadi source code pada platform smartphone yang diinginkan, dimana proses deploy aplikasi dilakukan ke server IBM.
Komponen utama IBM Worklight:
1.  IBM Worklight Studio, yaitu sebuah IDE berbasis Eclipse yang memungkinkan pengembang untuk melakukan semua proses coding dan integrasi yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi operasional secara sepenuhnya.
2. IBM Worklight Server, yaitu sebuah server berbasis Java yang merupakan gerbang antara aplikasi, layanan eksternal, dan infrastruktur backend enterprise. Server berisi fitur keamanan untuk mengaktifkan konektivitas, manipulasi data, otentifikasi data, update langsung web dan aplikasi hibrida, analisis dan fungsi manajemen operasional.
3.    IBM Worklight Device Runtime Components, yaitu pengkodean sisi klien secara runtime yang meng-embedd fungsi server dalam target lingkungan aplikasi.
4.  IBM Worklight Application Center, yaitu sebuah market aplikasi yang membantu organisasi untuk mengatur distribusi aplikasi mobile yang siap produksi di pasaran.
5.  IBM Worklight Console, yaitu sebuah user interface berbasis web yang didedikasikan untuk pemantauan dan administrasi worklight server dan aplikasi, adaptor dan pemberitahuan push.

 Dibawah ini adalah gambaran umum IBM Worklight :

REFERENSI :

http://www-01.ibm.com/software/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar