"Roro Rizky Ananda Febriani"

Minggu, 26 Mei 2013

LAPORAN PENDAHULUAN ORACLE "VIEW DAN JOIN"


1.     Apa yang anda ketahui tentang view ?
2.    Apa yang anda ketahui tentang join ?
3.    Tuliskan bentuk umum dari view dan join ?

Jawab :

1.     View merupakan bentuk alternatif penyajian data dari satu tabel atau lebih, beberapa tujuan membuat view adalah meningkatkan keamanan data serta penyederhanaan bagi para pengguna.


2.    Join adalah operasi untuk mengambil informasi dari 2 tabel atau lebih dalam 1 waktu. Dengan join baris data dari satu tabel dihubungkan dengan baris data pada tabel lain berdasarkan kolom tertentu.

Tipe-tipe Join
Berikut tipe-tipe join (standart SQL 92) yang dipunyai oleh versi Oracle8i keatas : 
a. Equijoin
 b.  Non-equijoin
 c.  Outer join
 d.  Self join

a. EquiJoin
Misal table EMPLOYEES memiliki primary key employee_id, dan memiliki foreign key department_id dimana departement_id ini merupakan primary key dari table yang lain yaitu table DEPARTMENTS. Relasi antara EMPLOYEES dengan DEPARTEMENTS disebut equi-join. Relasi antara dua tabel ditulis dalam klausa WHERE.

b. Non-EquiJoin
Relasi antara dua table disebut non-equijoin jika kolom pada table pertama berkorespondensi langsung dengan kolom pada table kedua.

c. Outer Join
Jika terdapat baris yang tidak memenuhi kondisi join, dan akan ditampilkan pada hasil query, maka digunakan outer join. Misal pada hasil query berikut, nama departemen ‘CONTRACTING’ tidak ditampilkan karena tidak memenuhi kondisi join, artinya pada tabel employee tidak ada pegawai yang bekerja pada departemen CONTRACTING.

d. Self Join
Seringkali sebuah table perlu dijoin-kan dengan table itu sendiri. Misal pada saat mencari manager dari seorang pegawai maka table pegawai di-joinkan dengan table pegawai untuk mendapatkan nomer pegawai manager dan namanya.

3.    - Bentuk umum view :
CREATE VIEW view_name[(column_list)] [WITH ENCRYPTION] AS select_statement [WITH CHECK OPTION]

 - Bentuk umum join :
Select table1.column, table2.column
        from table1.table2
        where table1.column= table2.column;

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar