"Roro Rizky Ananda Febriani"

Minggu, 26 Mei 2013

CONTOH PROPOSAL PENULISAN ILMIAH


PROPOSAL PENULISAN ILMIAH
JUDUL : APLIKASI MONITORING JADWAL KERETA API JABODETABEK BERBASIS ANDROID.


1. PENDAHULUAN

 1.1. Latar Belakang Masalah
            Teknologi perangkat mobile saat ini semakin berkembang penggunaannya seiring dengan perkembangan jaman. Perangkat mobile yang pada awalnya hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja, kini beralih fungsi menjadi sebuah media penghubung yang dapat digunakan untuk mengakses internet. Meski perangkat mobile hanya sebuah perangkat kecil, namun perangkat mobile dapat menerima informasi secara cepat dan dapat dibawa kemana saja. Jadi para pengguna internet tidak harus membuka layar komputer yang terhubung dengan internet untuk mendapatkan informasi mengenai penjadwalan kereta api.
Kereta api merupakan salah satu alat transportasi umum yang cukup banyak digunakan baik dari kalangan pelajar, mahasiswa maupun pekerja kantor. Selain karena biayanya yang relatif murah, transportasi dengan menggunakan kereta api dirasa lebih cepat karena alat transportasi yang satu ini terhindar dari kemacetan lalu lintas.
            Seiring dengan perkembangan jaman, sistem penjadwalan kereta api yang dahulu masih menggunakan jadwal berbentuk kertas, kini berubah menjadi bentuk yang lebih praktis dengan bantuan internet. Dengan adanya internet yang dapat menghubungkan suatu jaringan dengan jaringan lainnya diseluruh dunia, maka pengaksesan jadwal kereta api melalui perangkat mobile yang terhubung dengan internet akan terasa lebih mudah. Oleh karena itu, dalam penulisan karya ilmiah ini, penulis memanfaatkan internet yang tersambung dengan perangkat mobile untuk membuat sebuah aplikasi monitoring jadwal kereta api berbasis android.

1.2. Batasan Masalah
Batasan masalah pada penulisan ini yaitu dalam hal pembuatan aplikasi monitoring jadwal kereta api untuk KRL Ekonomi dan KRL Commuterline pada daerah Jabodetabek dengan menggunakan aplikasi berbasis android. Aplikasi ini hanya memberikan penyajian informasi penjadwalan kereta api secara visual pada aplikasi android. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML5, CSS dan Javascript yang dapat diimplementasikan ke handphone berbasis Android dengan versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt).

1.3. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan ini adalah untuk memudahkan didalam memberikan informasi jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta api kepada masyarakat luas dengan cepat melalui handphone berbasis android yang dimiliki, kapanpun dan dimanapun para pemakai berada.



2. LANDASAN TEORI

2.1. Aplikasi
Aplikasi berasal dari kata application yang artinya penerapan; lamaran; penggunaan. Pada sub-subbab dibawah ini akan dijelaskan mengenai pengertian aplikasi dan aplikasi mobile.

2.1.1. Pengertian Aplikasi
            Aplikasi adalah perangkat lunak komputer yang dapat memberikan intruksi khusus dalam komputer yang dirancang agar seseorang dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diinginkan oleh pengguna. Contoh Aplikasi adalah pengolah katalembar kerja, dan pemutar media. Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket disebut sebagai  paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office  dan OpenOffice.org.

2.1.2. Aplikasi Mobile
Kata mobile mempunyai arti bergerak atau berpindah, sehingga diperoleh pengertian bahwa aplikasi mobile merupakan aplikasi yang dapat dijalankan walaupun pengguna berpindah dari satu tempat ketempat lainnya tanpa terjadi pemutusan komunikasi. Aplikasi ini dapat diakses melalui perangkat nirkabel seperti telepon seluler dan PDA.
Perangkat mobile memiliki banyak jenis, dalam hal ukuran, desain dan layout, tetapi memiliki kesamaan karakteristik yang sangat berbeda dari sistem dekstop :
a. Ukuran yang kecil
Perangkat mobile memiliki ukuran yang kecil. Konsumen menginginkan perangkat yang terkecil untuk kenyamanan dan mobilitas.

b. Memory yang terbatas
Perangkat mobile juga memiliki memory yang kecil, yaitu primary (RAM) dan secondary (disk).

c. Daya proses yang terbatas
Sistem mobile tidak setangguh desktop. Ukuran teknologi dan biaya adalah beberapa faktor yang mempengaruhi status dari sumber daya ini. Seperti hardisk dan RAM yang dapat ditemukan dalam ukuran yang pas dengan sebuah kemasan kecil.

 d. Mengkonsumsi daya yang rendah
Perangkat mobile menghabiskan sedikit daya dibandingkan dengan mesin desktop. Perangkat ini harus menghemat daya karena berjalan pada keadaan dimana daya yang disediakan dibatasi oleh baterai-baterai.

e. Kuat dan dapat diandalkan
Karena perangkat mobile selalu dibawa kemana saja, maka perangkat tersebut haruslah cukup kuat untuk menghadapi benturan-benturan, gerakan, dan sesekali tetesan-tetesan air.

f. Konektivitas yang terbatas
Perangkat mobile memiliki bandwith rendah, beberapa diantaranya bahkan tidak tersambung karena kebanyakan diantaranya menggunakan koneksi wireless.

g. Masa hidup yang pendek
Perangkat konsumen ini dapat menyala dalam hitungan detik, sehingga menyebabkan perangkat tersebut memiliki masa hidup yang pendek.

2.3. Kereta Api
Kereta api  yaitu sarana  transportasi  berupa  kendaraan  dengan  tenaga gerak, yang dapat berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan kendaraan lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di rel. Kereta api merupakan satu dari sekian banyak alat transportasi umum yang banyak digunakan diberbagai daerah, kota maupun Negara.  Kereta api adalah  alat transportasi masal  yang umumnya terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak yang berjalan sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong . Gerbong kereta api biasanya memiliki ukuran yang cukup luas sehingga dapat menampung banyak penumpang maupun barang dalam skala besar.
 Dalam hal penjadwalan, kereta api memiliki jadwal yang berbeda disetiap stasiunnya. Oleh karena itu penulis membuat suatu aplikasi yang dapat memonitor jadwal kereta api disetiap stasiun yang tersebar di wilayah Jabodetabek.



3. PENUTUP

3.1.       Kesimpulan
Seiring dengan perkemangan zaman, teknologi perangkat mobile tidak hanya dapat digunakan sebagai alat komunikasi saja, namun kini juga membantu para pengguna jasa transportasi kereta api untuk mengakses jadwal kerata api. Pengguna transportasi kereta api yang dahulu melihat jadwal secara manual melalui kertas, kini dapat terbantu dengan adanya aplikasi monitoring jadwal kereta api. Hanya dengan memasukkan data produk KRL yang akan di tumpangi, stasiun keberangkatan serta stasiun singgah ke dalam aplikasi yang terdapat pada smartphone berbasis android, para pengguna jasa transportasi dapat langsung mengetahui jadwal kereta yang hendak mereka tumpangi kapanpun dan dimanapun mereka berada.

3.2.       Saran
Penulis menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam aplikasi ini yaitu tidak dapat mengetahui letak stasiun terdekat dan desain yang kurang variatif. Penulis berharap untuk penelitian selanjutnya dapat mengatasi kekurangan dari aplikasi ini. Demikian kiranya saran yang dapat penulis sampaikan, semoga aplikasi ini dapat berguna dan lebih baik lagi dalam pengembangan nantinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar