"Roro Rizky Ananda Febriani"

Minggu, 26 Mei 2013

LAPORAN PENDAHULUAN ORACLE "DDL, DML DAN DCL"


1.     Jelaskan apa yang kalian ketahui tentang DDL ?
2.    Jelaskan apa yang kalian ketahui tentang DML ?
3.    Jelaskan apa yang kalian ketahui tentang DCL ?

Jawab :

1.    DDL (Data Definition Language), yaitu bahasa yang memiliki kemampuan untuk mendefinisikan data yang berhubungan dengan pembuatan dan penghapusan objek seperti tabel, indeks, bahkan basis datanya sendiri.
Beberapa Perintah DDL :
* CREATE    : Perintah ini digunakan untuk membuat, termasuk diantaranya membuat database baru, tabel baru, view baru, dan kolom.
*ALTER          : Perintah ini digunakan untuk mengubah struktur tabel yang telah dibuat. Pekerjaannya mencakup mengganti nama tabel, menambah kolom, mengubah kolom, menghapus kolom, maupun memberikan atribut pada kolom.
*DROP             : Perintah ini digunakan untuk menghapus database dan tabel.

2.    DML (Data Manipulation Language), yaitu bahasa yang berhubungan dengan proses manipulasi data pada tabel dan record.
Beberapa perintah DML :
*INSERT   : perintah ini digunakan untuk menyisipkan atau memasukkan data baru ke dalam tabel. Penggunaannya setelah database dan tabel selesai dibuat.
*SELECT    : Perintah ini digunakan untuk mengambil data atau menampilkan data dari satu tabel atau beberapa tabel dalam relasi. Data yang diambil dapat kita tampilkan dalam layar prompt MySQL secara langsung maupun ditampilkan pada tampilan aplikasi.
*UPDATE    : Perintah ini digunakan untuk memperbaharui data lama menjadi data terkini. Jika anda memiliki data yang salah atau kurang Up To Date dengan kondisi sekarang, maka dapat diubah isi datanya dengan menggunakan perintah UPDATE.
*DELETE     : Perintah ini digunakan untuk menghapus data dari tabel. Biasanya data yang dihapus adalah data yang tidak diperlukan lagi. Pada saat menghapus data, perintah yang telah dijalankan tidak dapat digagalkan, sehingga data yang telah hilang tidak dapat dikembalikan lagi.


3.    DCL (Data Control Language), yaitu bahasa yang digunakan untuk memberikan dan mencabut otorisasi (mengontrol hak para pemakai).
Beberapa Perintah DCL :
*GRAND      : Perintah ini digunakan untuk memberikan hak / izin akses oleh administrator (pemilik utama) server kepada user (pengguna biasa). Hak akses tersebut berupa hak membuat (CREATE), mengambil (SELECT), menghapsu (DELETE), mengubah (UPDATE) dan hak khusus berkenaan dengan sistem databasenya.
*REVOKE        : perintah ini memiliki kegunaan terbalik dengan GRAND, yaitu untuk menghilangkan atau mencabut hak aksesyang telah diberikan kepada user oleh administrator.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar