"Roro Rizky Ananda Febriani"

Selasa, 25 Maret 2014

"FRAMEWORK PHONEGAP"


1. Definisi PhoneGap
PhoneGap adalah sebuah kerangka kerja/framework pembuat aplikasi mobile berbasis open source yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan di Amerika yang bernama Nitobi dengan lisensi MIT License. Framework PhoneGap memungkinkan seseorang untuk mengembangkan aplikasi native mobile dengan menggunakan keahlian HTML, CSS dan Javascript. PhoneGap menjadi suatu solusi yang ideal untuk seorang web developer yang tertarik dalam pembuatan aplikasi di smartphone.  Sebuah aplikasi yang dibuat dengan menggunakan framework PhoneGap dapat di deploy keberbagai platform sekaligus. Saat ini PhoneGap mendukung 7 platform, yaitu sebagai berikut :

1.      iOS : iPhone, iPad
2.    Android
3.    Windows Mobile
4.    Blackberry
5.     WebOS
6.    Symbian
7.     Beda

Dari ketujuh platform diatas PhoneGap mendukung fitur-fitur, seperti Accelorometer, Camera, Compass, Contact, File, Geolocation, Media, Network, Notification dan Storage. PhoneGap Storage merupakan salah fitur yang dapat digunakan untuk menyimpan dan mengakses data ke dalam database lokal. PhoneGap adalah library yang digunakan untuk porting dari web apps ke native apps. PhoneGap menghasilkan native web apps sehingga hasil pengembangan PhoneGap bisa dimasukkan ke dalam Store, misalnya iOS Apps Store, Android Market, dan sebagainya.


2. Cara Kerja PhoneGap
PhoneGap SDK menyediakan sebuah API, yaitu sebuah lapisan abstrak yang menyediakan pengembang dengan akses ke fitur hardware dan platform tertentu. PhoneGap menjelaskan bahwa dengan kode yang sama dapat digunakan pada sejumlah platform mobile dengan sedikit perubahan koding ataupun tidak, yang membuat aplikasi kita dapat dipakai untuk kalangan pengguna yang lebih luas.

Berikut Platform platform yang sudah mendapat dukungan dari PhoneGap:


REFERENSI :

Yuan Yudistira. 2011. Membuat Aplikasi iPhone, Android, & Blackberry Itu Gampang. Jakarta: mediakita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar