"Roro Rizky Ananda Febriani"

Kamis, 19 April 2012

“SERANGGA CANTIK BERKECEPATAN TINGGI “






Capung???? Pasti semua orang tahu jenis hewan yang satu ini. Capung  merupakan salah satu serangga yang sering kita lihat dimana-mana seperti di kebun, sawah, hutan-hutan, sungai, danau, ke pekarangan rumah, taman, hingga lingkungan perkotaan. Capung memiliki banyak jenis warna dan ukuran, ada capung macan yang berwarna hitam berbintik kuning seperti layaknya warna bulu seekor macan, ada capung merah yang hampir seluruh tubuhnya berwarna merah, ada capung jarum yang bertubuh kecil dan ramping mirip sebuah jarum, dan masih banyak lagi.
Terdapat kurang lebih 5000 spesies capung yang berbeda, yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Seperti pada kupu-kupu, capung juga mengalami metamorfosis dalam periode kehidupannya. Hanya saja capung mengalami metamorphosis tidak sempurna. Dimulai dari ‘telur’ kemudian menjadi ‘larva’ dan akhirnya menjadi seekor ‘capung dewasa’.


 














Tapi taukah anda dimana capung biasa meletakan telur-telurnya???apakah di tanah, bebatuan, daun, atau di air?? Kita mungkin sering melihat seekor capung berada di atas permukaan air.  Biasanya capung tersebut mencelupkan ujung ekornya ke dalam permukaan air. Mengapa demikian? Ternyata di permukaan air itulah capung menaruh telur-telurnya yang kemudian akan menetas menjadi larva. Sejak menetas dari telur, capung adalah hewan karnivora yang suka menyatap hewan lain. Pada saat masih larva, mereka memakan plankton, ikan-ikan kecil, berudu serta larva lainnya.
Hampir seluruh masa hidup capung sebenarnya dihabiskan pada saat mereka larva. Siklus hidup capung, dari telur hingga mati setelah dewasa, bervariasi antara enam bulan hingga maksimal enam atau tujuh tahun. Larva capung sendiri hidup kira-kira 3 tahun, setelah itu mereka baru bermetamorfosis menjadi capung dewasa yang bersayap. Capung dewasa ini hanya bertahan hidup beberapa minggu karena tujuan mereka bermetamorfosis tersebut hanya untuk menemukan pasangan agar bisa melangsukan perkawinan dan akhirnya bisa melanjutkan keturunan.
Dan tahukah anda apa makanan capung dewasa sebenarnya???? Di saat dewasa, capung merupakan predator alami dari nyamuk sehingga populasi capung yang banyak bisa menekan perkembangan nyamuk di suatu tempat.
Beberapa jenis capung umumnya merupakan penerbang yang kuat. Seekor capung dewasa dapat terbang sangat cepat hingga 50 km/jam dan dapat melakukan berbagai manuver di udara, oleh karena itu capung dinobatkan sebagai serangga tercepat yang ada di bumi dan karena kecepatan terbang yang luar biasa dari serangga yang satu ini maka capung pun dijadikan inspirasi dalam pembuatan berbagai jenis helicopter yang ada saat ini.
TRIMS^^

SUMBER : file:///D:/New%20folder%20%282%29/fakta-unik-tentang-capung.html








Tidak ada komentar:

Posting Komentar