"Roro Rizky Ananda Febriani"

Kamis, 19 April 2012

“MAMALIA LAUT YANG HAMPIR PUNAH”






Pernakah anda mendengar ikan duyung??? Apa yang pertama kali ada di benak anda ketika mendengar kata itu??? Pasti ketika anda mendengar kata “ikan duyung” yang ada di benak anda adalah sosok wanita cantik berambut panjang yang memiliki kepala dan tubuh layaknya seorang perempuan dan pada bagian kakinya disetimuti oleh sirip menyerupai ekor ikan. Dulu ketika saya masih kecil, saya juga berfikir bahwa ikan duyung itu memang berwujud cantik seperti yang ada di film animasi “the little mermaid”, namun ternyata ikan duyung yang banyak diceritakan dalam legenda-legenda nelayan zaman dahulu adalah seekor duyung/dugong yang merupakan sejenis hewan laut dari spesies sapi laut yang masih bertahan hidup hingga saat ini.





 




Ikan duyung bukanlah termasuk ke dalam bangsa ikan. Duyung atau dugong adalah satu-satunya mamalia laut herbivora (pemakan dedaunan), oleh karena itu hewan ini sangat bergantung kepada rumput laut sebagai sumber makanannya. Habitat utama ikan duyung adalah kawasan yang luas dengan perairan dangkal serta tenang, seperti di kawasan teluk dan hutan bakau. Moncong hewan ini menghadap ke bawah agar dapat menjamah rumput laut yang tumbuh di dasar perairan. Ikan duyung merupakan satu-satunya sapi laut yang bisa ditemukan di kawasan perairan sekurang-kurangnya di 37 negara di wilayah Indo-Pasifik. Ikan duyung merupakan salah satu spesies yang hampir punah karena banyak terjadinya perburuan, pembukaan lahan baru yang menyebabkan hewan ini kehilangan habitat aslinya, kematian yang secara tidak langsung disebabkan oleh aktivitas nelayan dalam menangkap ikan serta serta rendahnya angka kelahiran hewan ini yang menyebabkan menurunnya populasi duyung. Duyung juga terancam punah akibat badai, parasit, serta hewan pemangsa seperti ikan hiu, paus pembunuh dan buaya.
Sayang sekali bukan apabila hewan yang satu ini benar-benar punah??? Kasian sekali anak cucu kita yang tidak akan pernah bisa melihat ikan duyung yang sesungguhnya. Oleh karena itu diharapkan kesadaran dari semua orang di dunia ini untuk melestarikan hewan unik yang satu ini agar tidak mengalmi kepunahan. Alangkah baiknya apabila di buat tempat penangkaran ikan duyung untuk di kembalikan ke habitat aslinya yang nantinya akan menambah jumlah hewan ini. Sebaiknya juga seluruh umat manusia menghentikan perburuan hewan yang satu ini untuk di ambil daging dan minyaknya.
TRIMS^^
SUMBER : file:///D:/New%20folder%20%282%29/Duyung.htm 
                        









Tidak ada komentar:

Posting Komentar