"Roro Rizky Ananda Febriani"

Minggu, 22 April 2012

“AYO MENANAM POHON !!! ”


 

Kertas dan tisu??? Semua orang pasti sering menggunakan bahan yang satu ini. Tapi tahukah anda kertas dan tisu terbuat dari apa??????? Sebenarnya Kertas dan tisu yang biasa kita gunakan sehari-hari terbuat dari serat-serat kayu pada pohon. Tahukan anda dengan semakin banyaknya kertas dan tisu yang di gunakan oleh umat manusia, maka semakin banyak pula jumlah pohon di hutan yang harus di tebang untuk memenuhi kebutuhan kita tersebut. Namun sayang, kurangnya kesadaran dari para penebang pohon tersebut untuk menanam kembali pohon yang sudah mereka tebang. Padahal pohon merupakan salah satu sumber alam daya yang penting untuk kelangsungan hidup manusia di masa depan. Pohon dapat menyelamatkan bumi kita dari pemanasan global.


Bayangkan apabila jumlah pohon di dunai ini tinggal sedikit??????????. Apa yang akan terjadi nanti???????????. Bagaimana kelangsungan hidup anak cucu kita di masa depan????????????????. Tidak akan ada lagi udara yang sejuk dan segar, udara akan semakin panas akibat pemanasan global, polusi pun akan semakin merajalela dimana-mana, udara akan semakin kotor dan tercemar karena tidak adanya pohon yang dapat menyerap karbondioksida “CO2” dan mengeluarkan oksigen “O2”, bencana banjir dan tanah longsor pun akan semakin banyak melanda karena kurangnya pohon untuk menampung resapan air. Semuanya itu dapat terjadi akibat dari kurang pedulinya manusia terhadap lingkungan hidup.

Oleh karena itu diperlukan kesadaran dari seluruh warga masyarakat untuk mulai menanam pohon dari sekarang. Tanamkan juga pada anak-anak sejak dini untuk turut serta menjaga kelestarian lingkungan. Dengan menanam pohon akan banyak terasa manfaatnya bagi kita di masa kini maupun masa yang akan datang. Pohon dapat mengurangi polusi udara karena pohon menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen sebagai udara untuk kita bernafas. Selain itu pohon dapat menyerap air hujan sehingga mengurangi resiko terjadinya bencana banjir. Menanam pohon tidak hanya di daerah yang sudah kritis saja, tetapi dapat juga di lakukan di sekitar rumah, kantor-kantor, sekolah-sekolah, dll. Dengan semakin banyaknya pohon yang ada di muka bumi maka akan mengurangi efek pemanasan global dan juga dapat membuat udara tetap terjaga kebersihannya, kesegarannya, dan kenyamanannya. Untuk itu sangatlah penting untuk kita menanam pohon dan sekaligus kita ikut berpartisipasi dalam menyelamatkan bumi kita ini.

TRIMS ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar