TUGAS
ANALISIS
KINERJA SISTEM
MENCARI
INFORMASI YANG DIBUTUHKAN PADA SISTEM INFORMASI PEMASARAN PADA OUTLET KEBAB
TURKI BABA RAFI
Anggota : 1.
Hendra Ruslim (13110210)
2. Jeanny Fatma Mutmainah (13110733)
3. Rezah Zulfikar (15110824)
4. Roro Rizky Ananda Febriani (16110243)
5. Ruri Alhayat Isrin (16110278)
6. Yunnisa Mutiara Sari (18110792)
Kelas :
4KA01
Jurusan : Sistem
Informasi
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2013
SISTEM
INFORMASI PEMASARAN KEBAB TURKI BABA RAFI
A.
Pengertian Sistem Informasi Pemasaran
Sistem informasi pemasaran jika didefinisikan dalam arti luas adalah
kegiatan perseorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan
pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan,
pendistribusian, promosi dan penentuan harga barang,jasa dan gagasan. Sistem
informasi pemasaran selalu digunakan oleh bagian pemasaran dalam sebuah
perusahaan untuk memasarkan produk-produk perusahaan tersebut. Sistem informasi
ini merupakan gabungan dari keputusan yang berkaitan dengan unsur-unsur
strategi pemasaran yaitu :
· Product (Produk) : Produk apa yang
dibeli pelanggan untuk memuaskan kebutuhannya.
· Promotion (Promosi) : Meningkatkan atau mendorong penjualan.
· Place (Tempat) : Cara mendistribusikan produk secara fisik
kepada pelanggan melalui saluran distribusi.
· Price (Harga)
:
Terdiri dari semua element yang berhubungan dengan apa yang dibayar oleh pelanggan.
B.
Sistem Informasi Pemasaran Kebab Turki Baba Rafi
1.
Pemilik
a. Profil Pemilik
Pemilik Kebab Turki Baba Rafi adalah Hendy Setiono yang merupakan
seorang pria
kelahiran Surabaya, 30 Maret 1983.
b. Awal Usaha
Berawal saat Hendy Setiono berkunjung ke Timur Tengah dan menemui banyak outlet
yang menjual makanan khas Turki, yaitu kebab.
Dari situlah ia memperoleh ide untuk mengembangkan usaha Kebab Turki di Indonesia.
Awalnya ide bisnis pria mudah
kelahiran tahun 1983 ini sempat ditentang oleh orang tuanya, tapi karena dia
memiliki niat yang besar dan kerja keras yang tinggi memutuskan untuk tetap
menjalankan bisnis ini. Bahkan demi menggeluti bisnis kebab ini, Hendy akhirnya
menghentikan kuliahnya.
Sebuah keputusan yang sangat
berani pastinya demi memulai sebuah bisnis melalui outlet yang cukup kecil,
laki-laki yang masih muda tersebut memilih untuk menjalankan bisnisnya.
Perjalanan bisnisnya pun juga
tidak langsung mulus begitu saja, suka duka berjualan kebab rafi juga sempat
dia alami sendiri hingga akhinya 3-4 tahun kemudian dia berhasil memiliki
beberapa outlet di beberapa tempat.
Usaha ini dimulai pada 2003 dengan membuka outlet
pertamanya di Surabaya. Modal awal yang dikeluarkan oleh Hendy saat itu sebesar
Rp 4 juta yang ia gunakan untuk membeli gerobak (counter) dan
peralatan lainnya seperti kompor dan penggorengan. Namun setelah usahanya
berkembang selama hampir 10 tahun, kini ia memiliki outlet yang berjumlah 1020 pada tahun 2012, yang
tersebar dari Indonesia hingga ke Malaysia dan Philipphines. Dapat dipastikan
omset yang didapatkan setiap bulannya lebih dari 1 milyar.
2.
Produk
a. Pemberian Nama “Baba Rafi”
Menurut Hendi Setiyono nama
Rafi sendiri diambil dari nama putera sulungnya yang bernama Rafi Darmawan, sedangkan
baba dalam bahasa Arab artinya
adalah ayah. Jadilah baba rafi = ayah rafi.
b. Macam-Macam Produk
Kebab original, kebab unyu, kebab piscok, chicken kebab, chicken kebab
mini, chijeu kebab, patty burger, chrispy burger, beef burger, double burger,
chicken burger, syawarma, italian sausage, hotdog, canai original, canai
cokelat, canai salad.
c. Harga
Harga yang ditawaran untuk setiap jenis kebab,
jenis burger dan jenis canai sangat terjangkau dan memiliki harga yang berbeda. Kisaran Harga dimulai dari Rp. 6.500/bungkus – Rp.
11.500/bungkus.
3. Promosi
KTBR pertama kali dilakukan promosi atau dipasarkan dimulai
pada tahun 2003 dgn membuka outlet
pertamanya di Surabaya. Modal awal yg dikeluarkan oleh Hendy saat itu sebesar
Rp 4 juta yg ia gunakan untuk membeli gerobak (counter) dan peralatan lainnya
seperti kompor dan penggorengan.
Kendala
di awal usaha diakui oleh Hendy terletak pada sulitnya menjaga kualitas
(standar) daging sapinya karena masih memproduksi sendiri.
Kini, bekerjasama dgn PT Belfoods Indonesia, Hendy tak perlu kuatir dgn produksi daging untuk kebab, karena sudah ditangani oleh ahlinya. Sebab PT Belfoods Indonesia telah memenuhi standar yg telah dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat-obatan dan makanan (BPOM) dan memiliki sertifikat MUI.
Untuk mendistribusikan daging yg telah diproduksi oleh PT Belfoods Indonesia, Hendy mendirikan sebuah warehouse yg ia bangun di kota-kota besar, seperti Surabaya, Malang, dan Semarang.
Melalui warehouse inilah kemudian daging yg dibutuhkan didistribusikan lagi ke outlet-outlet yg tersebar di sekitarnya. Pengiriman daging ini dilakukan seminggu dua kali atau tergantung kebutuhan.
4. Tempat
1000 outlet KTBR yang tersebar
di 3 negara yaitu Indonesia, Filipina, dan Malaysia.
C.
Analisa Sistem Informasi Pemasaran Kebab Turki Baba Rafi
1. Produk
Produk yang disediakan dan
ditawarkan oleh KTBR (Kebab Turki Baba Rafi) cukup berkualitas dengan olahan
daging yang berasal dari PT. Belfoods Indonesia yang dimana perusahaan tersebut
juga memiliki nama dalam memilih dan mengolah daging yang dimilikinya. Dan
pembuatan kebab yang memiliki cita rasa seperti nuansa Timur Tengah membuat
masyarakat tertarik untuk membelinya.
2. Promosi
Dengan banyaknya outlet yang berdiri di kota-kota besar membuat masyarakat
dengan mudah mendapatkan Kebab Turki ini. Dengan
adanya website yang dimiliki Kebab Turki juga
memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai jenis kebab yang disajikan oleh KTBR serta
informasi mengenai alamat dan nomor telepon dari outlet-outlet sehingga pembeli
dapat memesan melalui telepon atau dengan mendatangi alamat yang tertera pada
website tersebut.
3. Tempat
Outlet-outlet yang tersebar di berbagai kota besa di Indonesia sudah cukup
untuk memasarkan produk dari Kebab Turki
Baba Rafi (KTBR). Dan juga
outlet yang sudah tersebar di Negara Malysia dan Filiphina, sehingga memudahkan
masyarakat untuk mencicipi kebab tersebut.
4. Harga
Harga yang ditawaran untuk setiap jenis kebab,
burger maupun canai sangat terjangkau. Ini juga dapat menjadi daya tarik
untuk pembeli karena hanya dengan harga yang terjangkau namun dapat mendapatkan
kebab dan jenis lainnya dengan rasa
yang enak.
mantrapp
BalasHapus