"Roro Rizky Ananda Febriani"

Minggu, 26 Mei 2013

"LAPORAN PENDAHULUAN PROLOG"



1.     Apa yang kalian ketahui tentang prolog?
Jawab :
-      Prolog singkatan dari Programming in Logic.
-      Dikembangkan oleh  Alain Colmenraurer dan P.Roussel di Universitas Marseilles Perancis, tahun1972.
-      Prolog populer di Eropa untuk aplikasi artificial intelligence, sedangkan di Amerika peneliti mengembangkan aplikasi yang sama, yaitu LISP.


2.    Sebutkan ciri-ciri prolog (minimal 3)?
Jawab :
1. Bahasa pemrograman yang non sequential.
2. Bahasa pemrograman yang deklaratif.
3. Simbolik.
4. Berdasarkan first order logic.


3.    Sebutkan perbedaan prolog dengan bahasa lainnya (minimal 3) ?
Jawab :
Bahasa Pemrograman yang Umum (Basic, Pascal, C, Fortran) :
a)    Diperlukan algoritma/prosedur untuk memecahkan masalah (procedural languange).
b)   Program menjalankan prosedur yang sama berulang-ulang dengan data masukan yang berbeda-beda.
c)    Prosedur dan pengendalian program ditentukan oleh programmer dan perhitungan dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah dibuat.


4.    Sebutkan sintaks-sintaks pada prolog ?
Jawab :
section clauses
section predicates
section domains
section goal
symbol
integer
PredicatName(tipe_argumen1, tipe_argumen2,...,tipe_argumenN)


LAPORAN PENDAHULUAN PL/SQL "ARRAY"



1. Apa yang kalian ketahui tentang array ?
2. Tuliskan bentuk umum dan contoh sederhana dari array dalam PL/SQL?

Jawab :
1. Array merupakan tipe data bentukan yang dapatmenyimpan sekumpulan nilai dari tipe data yang sama dan dikemas dalam bentuk larik.  Nilai dari elemen-elemen array dapat diakses melalui indeksnya.    Nilai dari elemen-elemen array dapat diakses melalui indeksnya, perlu diperhatikan bahwa indeks array harus dari tipe data yang mempunyai keterurutan, seperti halnya tipe integer.

2.       *Bentuk umum dari array pada PL/SQL adalah :
TYPE nama_tipe IS
TABLEOF tipe_data
INDEX BY BINARY_INTEGER;

*Contoh program array pada PL/SQL
SET SERVEROUTPUT ON;
DECLARE
TYPE SISWA IS
TABLE OF VARCHAR2(25)
INDEX BY BINARY_INTEGER;
NAMA SISWA;
I INTEGER;
BEGIN
NAMA(1) := 'RORO RIZKY ANANDA';
NAMA(2) := 'FEBRIANI';
NAMA(3) := 'RIZALDI MUHAMMAD';
NAMA(4) := 'WAHYU AJI';
NAMA(5) := 'ANGGRAENI RETNO';
FOR I IN 1..5 LOOP
DBMS_OUTPUT.PUT_LINE('Nama siswa ke-' || TO_CHAR(I) || ' : ' || NAMA(I));
END LOOP;
END;
/

LAPORAN PENDAHULUAN PL/SQL "KONDISI DAN PERULANGAN"


1.   Sebutkan macam-macam kondisi dan perulangan pada PL/SQL !
2.  Berikan satu contoh kondisi dan perulangan pada PL/SQL !

Jawab :
1.         *KONDISI PADA PL/SQL
Terdapat tiga bentuk kondisi dalam PL/SQL yaitu IF-THEN, IF-THEN-ELSE, dan IF-THEN-ELSIF. Berikut ini penjelasannya :

a. IF-THEN
Rangkaian perintah-perintah dieksekusihanya jika kondisi adalah true.
Bentuk umum :
IF condition THEN
sequence_of_statements
END IF;

b. IF-THEN-ELSE
Rangkaian perintah-perintah dalam klausa ELSE dieksekusihanya jika kondisi bernilai false atau null.
Bentuk umum :
IF condition THEN
sequence_of_statements1
ELSE
sequence_of_statements2
END IF;

c. IF-THEN-ELSIF
Jika kondisi pertama bernilai false atau null, klausa ELSIF akan menguji kondisilainnya. Bentu kumum :
IF condition1 THEN
sequence_of_statements1
ELSIF condition2 THEN
sequence_of_statements2
ELSE
sequence_of_statements3
END IF;

d. CASE
Seperti halnya perintah IF, perintah CASE menyeleksi satu rangkaian perintah-perintah untuk dieksekusi.
Bentuk umum :
[<>]
CASE selector
WHEN expression1 THEN sequence_of_statements1;
WHEN expression2 THEN sequence_of_statements2;

WHEN expressionN THEN sequence_of_statementsN;
[ELSE sequence_of_statementsN+1;]
END CASE [label_name];

*PERULANGAN PADA PL/SQL
Terdapat tiga bentuk perulangan dalam PL/SQL yaitu LOOP, WHILE-LOOP dan FOR-LOOP. Berikut ini penjelasannya :

a. LOOP
Dengan setiap perulangan dari setiap putaran, rangkaian perintah-perintah dieksekusi, lalu kontrol mulai lagi menuju ke awal putaran.
Bentuk umum :
LOOP
sequence_of_statements
END LOOP;

b. WHILE-LOOP
Sebelum setiap perulangan dari loop, kondisi dievaluasi. Jika kondisi true, rangkaian perintah-perintah dieksekusi, kemudian kontrol kembali keawal loop.Jika kondisi false atau null, loop diabaikan dan kontrol menuju ke perintah selanjutnya.
Bentuk umum :
WHILE condition LOOP
sequence_of_statements
END LOOP;

c. FOR-LOOP
Jumlah perulangan melalui loop FOR telah diketahui sebelum loop dijalankan. Loop-loop FOR berulang sejumlah jangkauan integer tertentu. Jangkauan ini adalah bagian dari iteration scheme, yang diapitoleh kata-kata kunci FOR dan LOOP.
Bentu kumum :
FOR counter IN [REVERSE] lower_bound..higher_bound LOOP
sequence_of_statements
END LOOP;
Jangkauan dievaluasi ketika loop FOR pertama kali dijalankan dan tidak pernah dievaluasi ulang.

2.        *CONTOH KONDISI
set serveroutput on
set verify off
declare
bilinteger :=&bil;
begin
if mod (bil, 2) = 0 then
dbms_output.put_line (bil||' adalah bilangan genap');
else
dbms_output.put_line (bil||' adalah bilangan ganjil');
end if;
end;
/

*CONTOH PERULANGAN :
set serveroutput on
set verify off
declare
A Integer ;
begin
A := 1 ;
While (A < 3) LOOP
dbms_output.PUT_LINE(A);
A := A + 1 ;
END loop;
end;
/

LAPORAN PENDAHULUAN ORACLE "VIEW DAN JOIN"


1.     Apa yang anda ketahui tentang view ?
2.    Apa yang anda ketahui tentang join ?
3.    Tuliskan bentuk umum dari view dan join ?

Jawab :

1.     View merupakan bentuk alternatif penyajian data dari satu tabel atau lebih, beberapa tujuan membuat view adalah meningkatkan keamanan data serta penyederhanaan bagi para pengguna.


2.    Join adalah operasi untuk mengambil informasi dari 2 tabel atau lebih dalam 1 waktu. Dengan join baris data dari satu tabel dihubungkan dengan baris data pada tabel lain berdasarkan kolom tertentu.

Tipe-tipe Join
Berikut tipe-tipe join (standart SQL 92) yang dipunyai oleh versi Oracle8i keatas : 
a. Equijoin
 b.  Non-equijoin
 c.  Outer join
 d.  Self join

a. EquiJoin
Misal table EMPLOYEES memiliki primary key employee_id, dan memiliki foreign key department_id dimana departement_id ini merupakan primary key dari table yang lain yaitu table DEPARTMENTS. Relasi antara EMPLOYEES dengan DEPARTEMENTS disebut equi-join. Relasi antara dua tabel ditulis dalam klausa WHERE.

b. Non-EquiJoin
Relasi antara dua table disebut non-equijoin jika kolom pada table pertama berkorespondensi langsung dengan kolom pada table kedua.

c. Outer Join
Jika terdapat baris yang tidak memenuhi kondisi join, dan akan ditampilkan pada hasil query, maka digunakan outer join. Misal pada hasil query berikut, nama departemen ‘CONTRACTING’ tidak ditampilkan karena tidak memenuhi kondisi join, artinya pada tabel employee tidak ada pegawai yang bekerja pada departemen CONTRACTING.

d. Self Join
Seringkali sebuah table perlu dijoin-kan dengan table itu sendiri. Misal pada saat mencari manager dari seorang pegawai maka table pegawai di-joinkan dengan table pegawai untuk mendapatkan nomer pegawai manager dan namanya.

3.    - Bentuk umum view :
CREATE VIEW view_name[(column_list)] [WITH ENCRYPTION] AS select_statement [WITH CHECK OPTION]

 - Bentuk umum join :
Select table1.column, table2.column
        from table1.table2
        where table1.column= table2.column;

LAPORAN PENDAHULUAN ORACLE "GRANT DAN REVOKE"



1.     Apa yang kalian ketahui tentang grant dan revoke ?
2.    Berikan 2 contoh program sederhana dari grant dan revoke ?

Jawab :

1.     * GRANT
Grant merupakan perintah untuk memberikan hak izin akses bagi user di MySQL agar dapat mengakses database, tabel dan kolom.
Sintaks Grant :
GRANT hak_akses ON nama_tabel
TO nama_pemakai
[WITH GRANT OPTION]
[AS GRANTOR]


* REVOKE
Revoke merupakan kebalikan dari perintah grant yaitu menghapus atau mencabut kembali izin akses user MySQL yang sebelumnya telah diberikan. 
Sintaks Revoke :
REVOKE hak_akses ON nama_tabel
FROM nama_pemakai;


2.    * Contoh Grant
GRANT SELECT (MID) ON NILAI
TO RORO;

*Contoh Revoke
REVOKE SELECT (MID) ON NILAI
FROM RORO;


LAPORAN PENDAHULUAN ORACLE "DDL, DML DAN DCL"


1.     Jelaskan apa yang kalian ketahui tentang DDL ?
2.    Jelaskan apa yang kalian ketahui tentang DML ?
3.    Jelaskan apa yang kalian ketahui tentang DCL ?

Jawab :

1.    DDL (Data Definition Language), yaitu bahasa yang memiliki kemampuan untuk mendefinisikan data yang berhubungan dengan pembuatan dan penghapusan objek seperti tabel, indeks, bahkan basis datanya sendiri.
Beberapa Perintah DDL :
* CREATE    : Perintah ini digunakan untuk membuat, termasuk diantaranya membuat database baru, tabel baru, view baru, dan kolom.
*ALTER          : Perintah ini digunakan untuk mengubah struktur tabel yang telah dibuat. Pekerjaannya mencakup mengganti nama tabel, menambah kolom, mengubah kolom, menghapus kolom, maupun memberikan atribut pada kolom.
*DROP             : Perintah ini digunakan untuk menghapus database dan tabel.

2.    DML (Data Manipulation Language), yaitu bahasa yang berhubungan dengan proses manipulasi data pada tabel dan record.
Beberapa perintah DML :
*INSERT   : perintah ini digunakan untuk menyisipkan atau memasukkan data baru ke dalam tabel. Penggunaannya setelah database dan tabel selesai dibuat.
*SELECT    : Perintah ini digunakan untuk mengambil data atau menampilkan data dari satu tabel atau beberapa tabel dalam relasi. Data yang diambil dapat kita tampilkan dalam layar prompt MySQL secara langsung maupun ditampilkan pada tampilan aplikasi.
*UPDATE    : Perintah ini digunakan untuk memperbaharui data lama menjadi data terkini. Jika anda memiliki data yang salah atau kurang Up To Date dengan kondisi sekarang, maka dapat diubah isi datanya dengan menggunakan perintah UPDATE.
*DELETE     : Perintah ini digunakan untuk menghapus data dari tabel. Biasanya data yang dihapus adalah data yang tidak diperlukan lagi. Pada saat menghapus data, perintah yang telah dijalankan tidak dapat digagalkan, sehingga data yang telah hilang tidak dapat dikembalikan lagi.


3.    DCL (Data Control Language), yaitu bahasa yang digunakan untuk memberikan dan mencabut otorisasi (mengontrol hak para pemakai).
Beberapa Perintah DCL :
*GRAND      : Perintah ini digunakan untuk memberikan hak / izin akses oleh administrator (pemilik utama) server kepada user (pengguna biasa). Hak akses tersebut berupa hak membuat (CREATE), mengambil (SELECT), menghapsu (DELETE), mengubah (UPDATE) dan hak khusus berkenaan dengan sistem databasenya.
*REVOKE        : perintah ini memiliki kegunaan terbalik dengan GRAND, yaitu untuk menghilangkan atau mencabut hak aksesyang telah diberikan kepada user oleh administrator.






"LAPORAN PENDAHULUAN UMB"


1.     Apa yang anda ketahui tentang diagram sequence ?
2.    Apa yang anda ketahui tentang class diagram ?
3.    Apa yang dimaksud dengan collaborative diagram dan deployment diagram?

Jawab :

1.     Diagram Sequence merupakan diagram yang merepresentasikan interaksi antar objek. Diagram sequence digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu.

2.  Diagram Class atau class diagram merupakan suatu diagram yang memperlihatkan atau menapilkan struktur dari sebuah sistem, sistem tersebuat akan menampilkan sistem kelas, atribut dan hubungan antara kelas ketika suatu sistem telah selesai membuat diagram.

3.    * Collaboration Diagram
Collaboration Diagram merupakan  tipe diagram uml yang menggambarkan interaksi antar objek seperti sequence diagram, tetapi lebih menekankan kepada peran masing-masing objek dan bukan pada waktu penyampaian pesan. Dalam diagram tersebut terdapat method yang dijalankan antara objek yang satu dan objek lainnya. Di diagram kolaborasi ini, objek harus melakukan sinkronisasi pesan dengan serangkaian pesan-pesan lainnya.

* Deployment Diagram
Deployment Diagram menunjukan susunan fisik dari object-oriented system. Dengan menggunakan Deployment Diagram, gambaran mengenai interaksi antara software dan hardware pada sistem akan terlihat lebih jelas.

"LAPORAN PENDAHULUAN PHP"



1.     Apa yang kalian ketahui tentang PHP?
Jawab :
PHP adalah singkatan dari "PHP: Hypertext Prepocessor", yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994. Pada awalnya PHP adalah singkatan dari "Personal Home Page Tools". Selanjutnya diganti menjadi FI ("Forms Interpreter"). Sejak versi 3.0, nama bahasa ini diubah menjadi "PHP: Hypertext Prepocessor" dengan singkatannya "PHP". PHP versi terbaru adalah versi ke-5

2.    Buatlah contoh codding sederhana PHP menggunakan database MY SQL ?
Jawab :
 Misalnya diketahui :
1.     Kode   Integer(10) primary, autoincrement
2.    Nama  Varchar(50)
3.    Email   Varchar(50)
4.    Web    Varchar(40)
5.    Isi       text
Kemudian  buat sebuah file dengan nama buku_tamu.php dan buat sebuah form untuk menginputkan data, untuk mempercepat, anda pastekan kode berikut ini :
 <html>
<head>
<title>Form Buku Tamu</title>
</head> <body>
<form name=”form1″ method=”post” enctype=”multipart/form-data” action=”form_buku_tamu_proses.php”>
<table width=”299″ border=”0″ align=”center”><tr bgcolor=”#FFCC66″>
<td colspan=”3″><strong> Form Buku Tamu </strong></td></tr><tr>
<td width=”99″>Nama</td>
<td width=”4″>:</td>
<td width=”147″><input type=”text” name=”nama” size=”40″></td>
</tr><tr>
<td width=”99″>Email</td>
<td width=”4″>:</td>
<td width=”147″><input type=”text” name=”email” size=”40″></td>
</tr><tr>
<td width=”99″>Web</td>
<td width=”4″>:</td>
<td width=”147″><input type=”text” name=”web” size=”30″></td>
</tr><tr>
<td colspan=”3″>isi</td>
</tr>
<tr>
<td colspan=”3″><textarea name=”isi” cols=”60″ rows=”5″></textarea></td>
</tr>
<tr>
<td colspan=”3″><div align=”center”>
<input type=”submit” name=”Submit” value=”Simpan”>
<input type=”reset” name=”Submit2″ value=”Reset”>
</div></td>
</tr> </table>
</form> </body>
</html>


"LAPORAN PENDAHULUAN DREAMWAVER"



1.     Apa yang kalian ketahui tentang frame pada dreamwaver ?
Jawab :
Frame merupakan sebuah teknologi yang dipakai untuk menggabungkan beberapa halaman web menjadi satu halaman yang utuh. Dalam penggunaan frame pada pembuatan halaman-halaman web, dikenal istilah frame dan frameset. Frameset adalah suatu frame induk yang dapat menampung beberapa frame di dalamnya dan dapat memiliki frameset sendiri. Sedangkan frame sendiri adalah dokumen yang terdapat di dalam frameset dengan border yang mengelilinginya.


2.    Jelaskan langkah-langkah membuat background frame pada dreamwaver ?
Jawab :
-       Buka macromedia dreamweaver sampai masuk ke lembar kerja
-       Pilih Page Properties yang berada dibawah lembar kerja
-       Maka akan muncul kotak dialog Page Properties > klik Browse pada Background Image > cari gambar yang Anda inginkan > OK
-       Maka alamat gambar akan muncul pada Background Image > Klik OK
-        Setelah selesai, simpan file dengan CTRL + S dan Tekan F12 untuk melihat hasilnya.


3.    Jelaskan cara menggunakan hyperlink pada dreamwaver ?
Jawab :
Misalnya kita ingin membuat Link pada Teks, langkah-langkahnya adalah :
-       Lakukan dengan cara meng-klik tanda hyperlink(setelah sebelumnya memblok teks yang akan di-link-kan) pada menu Common.
-       Maka akan muncul kotak dialog Hyperlink . Isikan nama file yang dituju pada kotak “Link”.
-       Jika telah selesai, klik teks yang telah di-link-kan. Maka akan tampil halaman yang dituju.

CONTOH PROPOSAL PENULISAN ILMIAH


PROPOSAL PENULISAN ILMIAH
JUDUL : APLIKASI MONITORING JADWAL KERETA API JABODETABEK BERBASIS ANDROID.


1. PENDAHULUAN

 1.1. Latar Belakang Masalah
            Teknologi perangkat mobile saat ini semakin berkembang penggunaannya seiring dengan perkembangan jaman. Perangkat mobile yang pada awalnya hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja, kini beralih fungsi menjadi sebuah media penghubung yang dapat digunakan untuk mengakses internet. Meski perangkat mobile hanya sebuah perangkat kecil, namun perangkat mobile dapat menerima informasi secara cepat dan dapat dibawa kemana saja. Jadi para pengguna internet tidak harus membuka layar komputer yang terhubung dengan internet untuk mendapatkan informasi mengenai penjadwalan kereta api.
Kereta api merupakan salah satu alat transportasi umum yang cukup banyak digunakan baik dari kalangan pelajar, mahasiswa maupun pekerja kantor. Selain karena biayanya yang relatif murah, transportasi dengan menggunakan kereta api dirasa lebih cepat karena alat transportasi yang satu ini terhindar dari kemacetan lalu lintas.
            Seiring dengan perkembangan jaman, sistem penjadwalan kereta api yang dahulu masih menggunakan jadwal berbentuk kertas, kini berubah menjadi bentuk yang lebih praktis dengan bantuan internet. Dengan adanya internet yang dapat menghubungkan suatu jaringan dengan jaringan lainnya diseluruh dunia, maka pengaksesan jadwal kereta api melalui perangkat mobile yang terhubung dengan internet akan terasa lebih mudah. Oleh karena itu, dalam penulisan karya ilmiah ini, penulis memanfaatkan internet yang tersambung dengan perangkat mobile untuk membuat sebuah aplikasi monitoring jadwal kereta api berbasis android.

1.2. Batasan Masalah
Batasan masalah pada penulisan ini yaitu dalam hal pembuatan aplikasi monitoring jadwal kereta api untuk KRL Ekonomi dan KRL Commuterline pada daerah Jabodetabek dengan menggunakan aplikasi berbasis android. Aplikasi ini hanya memberikan penyajian informasi penjadwalan kereta api secara visual pada aplikasi android. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML5, CSS dan Javascript yang dapat diimplementasikan ke handphone berbasis Android dengan versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt).

1.3. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan ini adalah untuk memudahkan didalam memberikan informasi jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta api kepada masyarakat luas dengan cepat melalui handphone berbasis android yang dimiliki, kapanpun dan dimanapun para pemakai berada.



2. LANDASAN TEORI

2.1. Aplikasi
Aplikasi berasal dari kata application yang artinya penerapan; lamaran; penggunaan. Pada sub-subbab dibawah ini akan dijelaskan mengenai pengertian aplikasi dan aplikasi mobile.

2.1.1. Pengertian Aplikasi
            Aplikasi adalah perangkat lunak komputer yang dapat memberikan intruksi khusus dalam komputer yang dirancang agar seseorang dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diinginkan oleh pengguna. Contoh Aplikasi adalah pengolah katalembar kerja, dan pemutar media. Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket disebut sebagai  paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office  dan OpenOffice.org.

2.1.2. Aplikasi Mobile
Kata mobile mempunyai arti bergerak atau berpindah, sehingga diperoleh pengertian bahwa aplikasi mobile merupakan aplikasi yang dapat dijalankan walaupun pengguna berpindah dari satu tempat ketempat lainnya tanpa terjadi pemutusan komunikasi. Aplikasi ini dapat diakses melalui perangkat nirkabel seperti telepon seluler dan PDA.
Perangkat mobile memiliki banyak jenis, dalam hal ukuran, desain dan layout, tetapi memiliki kesamaan karakteristik yang sangat berbeda dari sistem dekstop :
a. Ukuran yang kecil
Perangkat mobile memiliki ukuran yang kecil. Konsumen menginginkan perangkat yang terkecil untuk kenyamanan dan mobilitas.

b. Memory yang terbatas
Perangkat mobile juga memiliki memory yang kecil, yaitu primary (RAM) dan secondary (disk).

c. Daya proses yang terbatas
Sistem mobile tidak setangguh desktop. Ukuran teknologi dan biaya adalah beberapa faktor yang mempengaruhi status dari sumber daya ini. Seperti hardisk dan RAM yang dapat ditemukan dalam ukuran yang pas dengan sebuah kemasan kecil.

 d. Mengkonsumsi daya yang rendah
Perangkat mobile menghabiskan sedikit daya dibandingkan dengan mesin desktop. Perangkat ini harus menghemat daya karena berjalan pada keadaan dimana daya yang disediakan dibatasi oleh baterai-baterai.

e. Kuat dan dapat diandalkan
Karena perangkat mobile selalu dibawa kemana saja, maka perangkat tersebut haruslah cukup kuat untuk menghadapi benturan-benturan, gerakan, dan sesekali tetesan-tetesan air.

f. Konektivitas yang terbatas
Perangkat mobile memiliki bandwith rendah, beberapa diantaranya bahkan tidak tersambung karena kebanyakan diantaranya menggunakan koneksi wireless.

g. Masa hidup yang pendek
Perangkat konsumen ini dapat menyala dalam hitungan detik, sehingga menyebabkan perangkat tersebut memiliki masa hidup yang pendek.

2.3. Kereta Api
Kereta api  yaitu sarana  transportasi  berupa  kendaraan  dengan  tenaga gerak, yang dapat berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan kendaraan lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di rel. Kereta api merupakan satu dari sekian banyak alat transportasi umum yang banyak digunakan diberbagai daerah, kota maupun Negara.  Kereta api adalah  alat transportasi masal  yang umumnya terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak yang berjalan sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong . Gerbong kereta api biasanya memiliki ukuran yang cukup luas sehingga dapat menampung banyak penumpang maupun barang dalam skala besar.
 Dalam hal penjadwalan, kereta api memiliki jadwal yang berbeda disetiap stasiunnya. Oleh karena itu penulis membuat suatu aplikasi yang dapat memonitor jadwal kereta api disetiap stasiun yang tersebar di wilayah Jabodetabek.



3. PENUTUP

3.1.       Kesimpulan
Seiring dengan perkemangan zaman, teknologi perangkat mobile tidak hanya dapat digunakan sebagai alat komunikasi saja, namun kini juga membantu para pengguna jasa transportasi kereta api untuk mengakses jadwal kerata api. Pengguna transportasi kereta api yang dahulu melihat jadwal secara manual melalui kertas, kini dapat terbantu dengan adanya aplikasi monitoring jadwal kereta api. Hanya dengan memasukkan data produk KRL yang akan di tumpangi, stasiun keberangkatan serta stasiun singgah ke dalam aplikasi yang terdapat pada smartphone berbasis android, para pengguna jasa transportasi dapat langsung mengetahui jadwal kereta yang hendak mereka tumpangi kapanpun dan dimanapun mereka berada.

3.2.       Saran
Penulis menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam aplikasi ini yaitu tidak dapat mengetahui letak stasiun terdekat dan desain yang kurang variatif. Penulis berharap untuk penelitian selanjutnya dapat mengatasi kekurangan dari aplikasi ini. Demikian kiranya saran yang dapat penulis sampaikan, semoga aplikasi ini dapat berguna dan lebih baik lagi dalam pengembangan nantinya.



TUGAS BAHASA INDONESIA 2 "PROPOSAL"


A. PENGERTIAN PROPOSAL

Proposal adalah rencana kerja yang disusun secara sistematis dan terinci untuk suatu kegiatan yang bersifat formal. Proposal adalah suatu usulan kegiatan perlu dukungan atau persetujuan pihak lain. Proposal adalah suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar. Untuk memudahkan pengertian proposal yang dimaksud dalam tulisan ini, kita dapat membandingkannya dengan istilah “Proposal Penelitian” dalam dunia ilmiah (pendidikan) yang disusun oleh seorang peneliti atau mahasiswa yang akan membuat penelitian (skripsi, tesis, disertasi).
Dalam dunia ilmiah, proposal adalah suatu rancangan desain penelitian (usulan penelitian) yang akan dilakukan oleh seorang peneliti tentang suatu bahan penelitian. Bentuk “Proposal Penelitian” ini, biasanya memiliki suatu bentuk, dengan berbagai standar tertentu seperti penggunaan bahasa, tanda baca, kutipan dll.
Pengertian lain dari proposal adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelasan sebuah tujuan kepada si pembaca (individu atau perusahaan) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut lebih mendetail. Diharapkan dari proposal tersebut dapat memberikan informasi yang sedetail mungkin kepada si pembaca, sehingga akhirnya memperoleh persamaan visi, misi, dan tujuan. Ada beberapa hal yang biasanya di detailkan dalam proposal bisnis :
1.    Penjabaran mendetail mengenai tujuan utama dari si penulis kepada pembacanya.
2.    Penjabaran mendetail mengenai proses bagaimana mencapai tujuan si penulis kepada pembacanya.
3.    Penjabaran mendetail mengenai hasil dari proses yang telah dijabarkan diatas sehingga mencapai tujuan yang diinginkan oleh si penulis dan juga si pembaca.




B. SYARAT MENYUSUN PROPOSAL

Proposal yang kita susun perlu memiliki hal - hal berikut:
1.     Memiliki struktur dan logika yang jelas
2.    Hasil kegiatan itu terstruktur
3. Rumuskanlah jenis kegiatan secara jelas, inovatif, terperinci, dan betul-betul dapat dikuasai atau dikerjakan
4.    Hubungan kegiatan dengan dana yang diperlukan harus rasional dan tidak mengada-ada




C. SISTEMATIKA PROPOSAL

Kerangka Proposal Penelitian
BAB I     : Pendahuluan
BAB II   : Kajian Pustaka
BAB III : Metode Penelitian
Laporan Penelitian
BAB IV  : Hasil dan Pembahasan
BAB V    : Kesimpulan dan Saran




D. JENIS-JENIS PROPOSAL

Berdasarkan bentuknya, proposal dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu: proposal berbentuk formal, semiformal, dan nonformal.
Proposal berbentuk formal terdiri atas tiga bagian utama, yaitu:
1.    Bagian pendahuluan, yang terdiri atas: sampul dan halaman judul, surat pengantar (kata pengantar), ikhtisar, daftar isi, dan pengesahan permohonan.
2.    Isi proposal, terdiri atas: latar belakang, pembatasan masalah, tujuan, ruang lingkup, pemikiran dasar (anggapan dasar), metodologi, fasilitas, personalia (susunan panitia), keuntungan dan kerugian, waktu, dan biaya.
3.    Bagian pelengkap penutup, yang berisi daftar pustaka, lampiran, tabel, dan sebagainya.
Proposal semiformal dan nonformal merupakan variasi atau bentuk lain dari bentuk proposal formal karena tidak memenuhi syarat-syarat tertentu atau tidak selengkap seperti proposal bentuk formal.




E. ISI PROPOSAL

Jenis dari isi proposal ada dua, seperti yang diatas adalah isi proposal yang berbentuk kompleks, dan yang sederhana meliputi:
·         Nama kegiatan (judul),
·         Dasar pemikiran,
·         Tujuan diadakannya kegiatan,
·         Ruang lingkup,
·         Waktu dan tempat kegiatan,
·         Penyelenggara (panitia),
·         Anggaran biaya,
·         Penutup.




F. CIRI-CIRI PROPOSAL

1.    Proposal dibuat untuk meringkas kegiatan yang akan dilakukan
2.   Sebagai pemberitahuan pertama suatu kegiatan
3.   Berisikan tujuan-tujuan, latar belakang acara
4.  Pastinya proposal itu berupa lembaran-lembaran pemberitahuan yang telah di jilid yang nantinya diserahkan kepada pemilik acara




G. BENTUK-BENTUK PROPOSAL
·         Proposal Rencana Kegiatan
·         Usaha (Bisnis)
·         Organisasi àPengurus dan Kepanitiaan
·         Proposal Penelitian, Skripsi, Tesis, Magang
·         Proposal Bantuan Dana (Sponsorship)




H. UNSUR-UNSUR PROPOSAL

Dasar Pemikiran, berisi pokok-pokok pemikiran akan perlunya melaksanakan kegiatan tertentu.
1. Tujuan, menjelaskan tujuan dan manfaat kegiatan yang akan
2. Jenis Kegiatan, sama dengan bentuk/ nama kegiatan. Juga bisa berupa rangkaian kegiatan
3. Tema Kegiatan, berisi inti-inti kegiatan atau take line kegiatan.
4. Target/sasaran, peserta yang akan diikut sertakan dlm kegiatan tersebut




I. URUTAN PENYUSUNAN PROPOSAL

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Masalah timbul karena kesengajaan antara harapan dan kenyataan, cita-cita dan realita, rencana dan pelaksanaan. Bagian ini memberikan rasional, megnapa masalah tersebut penting untuk diteliti, menarik perhatian peneliti, tidak menimbulkan masalaj sosial, dalam jaungkauan peneliti : baik dari segi akademis, biaya, tenaga, maupun waktu.

B. Identifikasi Masalah
Kegiatan untuk menentukan kesengajaan antara harapan dan kenyataan. Faktor-faktor apa saja yang tekait dengan masalah tersebut. Memilah-milah menjadi masalah yang lebih kecil. Memilih masalah yang paling esensial untuk diteliti.

C. Pembatasan Masalah
Masalah perlu dibatasi sesuai dengan kemampuan peneliti.

D. Perumusan Masalah
Merupakan pertanyaan yang perlu dicari jawabannya melalui penelitian. Masalah harus dirumuskan secara spesifik. Penelitian tidak boleh terlalu luas, terlalu banyak, atau sudah diteliti banyak orang. Perumusan masalah selalu dinyatakan dengan kalimat tanya.

E. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian disusun untuk menemukan jawaban masalah penelitian. Harus ada hubungan yang jelas antara tujuan penelitian dengan rumusan maslah. Tujuan penelitian selalu dinyatakan dengan kalimat deklaratif.

F. Kegunaan Penelitian
Kegunaan praktis untuk menjawab masalah-masalah mikro atau makro, atau untuk pengembangan ilmu pengetahuan.


BAB II  KAJIAN PUSTAKA

Berisi kerangka teori yang merupakan deskripsi teori dan penelitian yang relevan.
A. Deskripsi Teori
Disusun untuk mencari jawaban masalah. Gunakan sumber acuan umum dan khusus berupa buku-buku, ensiklopedia, jurnal-jurnal dan semacamnya. Peneliti akan memperoleh teori-teori dan konsep-konsep dasar, dilakukan penjabaran atau analisis, melalui penalaran deduktif. 

B. Penelitian yang relevan
Penelitian yang relevan adalah sumber acuan khusus yang berupa penelitian yang terdapat dalam jurnal, buletin, skripsi dan semacamnya. Dalam submer acuan khusus, peneliti akan memperoleh hasil-hasil penelitian yang terdahulu. Dari penemuan-penemuan atau hasil-hasil penelitian dilakukan pemaduan atau sintesis, melalui penalaran induktif. 

C. Kerangka Teori
Kerangka berfikir berisi gambaran pola hubungan antar variable atau kerangka konsep yang akan digunakan untuk menjawab masalah yang diteliti, disusun berdasarkan kajian teoritik yang telah dilakukan. 

D. Hipotesis (Bila ada)
Penyusunan hipotesis bisa dari deduksi dan induksi, diharapkan dapat diperoleh jawaban yang dianggap paling besar kemungkinan kebenarannya. Jawaban ilmiah yang merupakan hipotesis penelitian.


BAB III METODE PENELITIAN

A. Desain Penelitian
Ada 4 jenis desain dasar penelitian yaitu desain satu faktor, desain satu cuplikan, desain ulang, dan desain factorial. Penelitian bisa juga merupakan kombinasi dari desain-desain. Ada hubungan yang erat antara jenis desain penelitian dengan teknik analisis data penelitian.

B. Definisi Operasional Variabel Penelitian
Desain penelitian berisi hubungan antar berbagai variabel atau uabahan yang akan diteliti. Oleh karena itu diperlukan operasional dari variabel tersebut. Definisi operasional penting untuk menentukan instrument untuk pengumpulan data. Perlu dirinci variabel yang akan diteliti. 

Populasi dan Sampel Penelitian 
1. Populasi Penelitian
Populasi penelitian adalah keseluruhan subyek penelitian. Populasi merupakan subyek tempat obyek penelitian berada. Penelitian biasanya dilakukan terhadap sample atau cuplikan, tetapi hasilnya digeneralisasikan terhadap populasi. 

2. Sample Penelitian
Sample atau cuplikan penelitian adalah bagian dari populasi yang masih memiliki sifat-sifat populasi. Sample harus dapat mewakili populasi karena hasil-hasil penelitian terhadap sample akan digeneralisasikan terhadap populasi.

3. Teknik Pengambilan Sample
a. Random
b. Strata
c. Area
d. Sistematik
e. Purpossive
f. Quota
g. Cluster
h. Double
i. Kombinasi dari tekni-teknik di atas

4. Teknik pengumpulan data
a. Instrument Penelitian
Alat ukur yang digunakan untuk membuktikan kebenaran hipotesis.
b. Teknik Pengumpulan Data
Cara-cara memperoleh data yang diharapkan. 

5. Teknik Analisis Data
Teknik analisis data penelitian berhubungan erat dengan desain penelitian, misal antara-AB adalah teknik analisis data penelitian untuk desain faktorial dua faktorial. Analisis data tergantung dari datanya, data dapat dianalisis secara kualitatif, kuantitatif non statistik, statistika parametrik, atau statistika non parametrik.

C.  Alat dan Bahan yang digunakan
Spesifikasi alat dan bahan harus dicantumkan. Penyusunan seperti dalam petunjuk penulisan skripsi/pedoman/panduan. 

Daftar Pustaka
Berisi tentang sumber-sumber data yang kita gunakan dalam penelitian, bisa dari buku-buku, ensiklopedia, dll. Cara penulisan daftar pustaka dapat dilihat di tulisan sebelumnya mengenai Daftar Pustaka.

Sumber :